Tentang Creating For Impact

Apa itu Creating for Impact?

Setiap orang ingin memiliki hidup yang memiliki tujuan dan berdampak bagi dunianya. Namun, tidak jarang orang tidak tahu mau mulai dari mana. Creating for Impact adalah platform pembelajaran online dari Beneran Indonesia yang dapat menjadi tempatmu belajar, mengembangkan diri, dan menciptakan karya yang dapat memberi dampak bagi komunitas dan lingkunganmu.

Kurikulum pembelajaran dalam program ini juga akan sangat berguna untuk mempersiapkan dirimu dalam menghadapi perkuliahan dan juga dunia kerja. Hal-hal yang akan dilatih merupakan hal-hal yang akan sering kamu temui dan perlukan di dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Dalam program ini, kami menantang pelajar Indonesia untuk membuat karya yang dapat memberi dampak yang positif terhadap isu sosial yang ada di lingkungan sekitarmu.

“The goal isn’t to live forever; is to create something that will.” Chuck P.

Mengapa Creating for Impact?

Mengapa “Creating”? Benjamin Samuel Bloom (1913-1999) adalah seorang psikolog pendidikan asal Amerika yang menguji dan merestrukturisasi pendekatan proses belajar-mengajar. Teorinya dikenal dengan nama Bloom’s Taxonomy. Dalam teorinya, tujuan tertinggi dari pendidikan atau proses belajar-mengajar adalah “mencipta” atau dengan kata lain peserta didik mampu menciptakan sesuatu dari proses belajar mengajar yang sudah dilalui.

Mengapa “Impact”? Salah satu kepuasan terbesar adalah mengetahui bahwa hidup kita bermanfaat bagi diri dan berdampak bagi keluarga, komunitas, bangsa, bahkan bagi dunia. Beneran Indonesia ada untuk membantumu menjalankan hidup yang berdampak.
Creating for Impact adalah salah satu bagian kunci dari teori perubahan Beneran Indonesia. Menurut teori perubahan kami, dua sumbu yang menentukan terjadinya perubahan dalam suatu komunitas adalah terjadinya transformasi pada tingkat individu terlebih dahulu kemudian diikuti perubahan pada tingkat masyarakat.

Creating for Impact memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mengaplikasikan pembelajarannya di dunia nyata.

Bagaimana Creating for Impact dilaksanakan?

Sebagai dasar pelaksanaan program-program kami, Beneran Indonesia menyusun kurikulum pendidikan karakter dan kewarganegaraan. Kurikulum tersebut kami sebut dengan nama Collaborative and Contributive Learning (CCL) Curriculum atau Kurikulum Pembelajaran Kolaboratif dan Kontributif.

Kurikulum ini dirancang sedemikian rupa untuk melatih kemampuan peserta untuk siap dalam menghadapi hal-hal yang akan mereka hadapi nantinya baik di perkuliahan maupun dunia kerja, atau yang biasa dikenal dengan istilah college ready dan career ready. Program ini terbuka bagi pelajar tingkat SMA/sederajat dan Universitas Strata 1 (S1/sederajat).

Kurikulum dalam program ini terdiri dari 7 (tujuh) fase yang akan berlangsung selama 7 minggu. Lihat di sini!